Apem Comal atau Apem Kesesi?

2941
1

Kabar Pemalang – Salah satu jajanan tradisional khas yang masih ada dan mudah untuk kita jumpai adalah Kue Apem. Kalau sudah membicarakan kue ini tentu tidak bisa dipisahkan antara dua wilayah di Jawa Tengah ini. Pertama adalah Kesesi yang berada di Kabupaten Pekalongan dan kedua adalah Comal yang berada di Kabupaten Pemalang.

Warga Pekalongan kekeuh dengan sebutan Apem Kesesi karena berargumen bahwa wilayah Kesesilah sentra produksi dari kue legendaris ini khususnya di Desa Bantul Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Sementara, warga di Pemalang menyebutnya Apem Comal karena memang kue ini dipasarkan di Pasar Comal.

Menurut kami, tidak perlu diperdebatkan soal apakah “Apem Kesesi” ataupun “Apem Comal”. Baik Kesesi maupun Comal sudah memiliki porsi yang harmoni selama turun temurun dalam kelestarian jajanan tradisional ini. Kesesi menjadi pusat produksi apem sedangkan Comal menjadi lokasi pemasaran dari kue berwarna coklat ini.

Sentra Produksi Apem
Desa Bantul, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Pemasaran
Pasar Comal, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang

 

 

1 KOMENTAR

  1. kenapa demikian ? karena masyarakat kesesi ingin melebarkan wilayah pemasaran, maka mereka menjual apem di pasar comal, yang lokasinya deket dengan kesesi dan berada di jalur pantura.Tapi tidak masalah walau dikenal sebagai apem comal, yang penting apem bisa dikenal oleh masyarakat luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here