Pengolahan Pakan Alternatif untuk Meningkatkan Kualitas Pakan Ternak

141
0

Kabar Pemalang – Minggu (18/08/2019), di SDN 02 Wiyorowetan Kecamatan Ulujami telah dilaksanakan program kerja dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Universitas Diponegoro yaitu Bapak Ir. Sutrisno MP Fakultas Peternakan dan Pertanian. Program tersebut bertemakan pengolahan pakan dengan program kerja pembuatan amoniasi, silase dan fermentasi. Pelaksanaan program juga dibantu oleh mahasiswi dari Fakultas Peternakan dan Pertanian yaitu Ainur Rizki Pahlawantari dengan prodi Peternakan.

Kegiatan pertama yaitu melakukan pemaparan mengenai pengolahan pakan dan nutrisi ternak yang kemudian disusul oleh pelatihan pengolahan pakan silase, amoniasi dan fermentasi. Sosialisasi dan pelatihan dihadiri oleh warga Wiyorowetan terkhusus peternak, perangkat desa dan tokoh masyarakat. Antusiasme mereka diperlihatkan melalui semangat dalam mempelajari pengolahan pakan tersebut dan ikut serta dalam mempraktikkan.

Pengolahan pakan tersebut memanfaatkan rumput dan jerami sebagai bahan utama pada proses pengolahan. Untuk silase dapat menggunakan rumput yang sudah dilayukan dikarenakan pada rumput sudah terdapat mikroba yang membantu proses pencernaan dan dapat disimpan dalam kurun waktu 3-4 minggu sedangkan untuk jerami dapat dimanfaatkan untuk pengolahan amoniasi dan fermentasi dengan penambahan probiotik yang dapat disimpan minimal 10 hari. Penyimpanan dilakukan secara anaerob (kedap udara) yang dimasukkan kedalam plastik bening.

Pemberian pakan alternatif yang sudah jadi ini tidak sembarangan, pakan yang sudah jadi diangin-anginkan terlebih dahulu agar mencegah ternak kembung bahkan kejang. Pelatihan pegolahan pakan diakhiri dengan tepuk tangan kemudian pakan disimpan diBalai Desa agar pada saat pakan sudah jadi dapat dibagikan kepada peternak.

Ditulis oleh Ainur Rizki Pahlawantari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here