Wiranto, Mahasiswa Pemalang Kenalkan Kamir di Kampus UNNES Semarang

728
0

Wiranto, seorang mahasiswa Unnes asal pemalang ini memperkenalkan produk lokal pemalang berupa kamir. Tak hanya kamir biasa yang ia kenalkan, ia mengenalkan kamir hasil inovasinya, yakni kamir dengan toping karakter. Berawal dari kebiasaannya membawa oleh-oleh kamir ke Semarang, kemudian perkuliahannya di prodi Gizi yang mempelajari memasak termasuk menghias makanan, mengantarkan ia dalam menemukan ide untuk menginovasikan produk kamir.

Ia menganggap kamir pada umumnya sudah memiliki rasa yang enak, namun dalam segi penampilan masih belum begitu menarik. Alhasil, ia mencoba menginovasikan kamir dengan memberikan toping dipermukaan kamir. “Melalui inovasi produk kamir ini saya yakin kamir dapat lebih milenial dan instagramable, kan sekarang eranya sebelum makan serba foto dulu,” ujar Wiranto tentang inovasinya.

Ia menjadikan hal ini sebagai peluang usaha bersama 4 teman lainnya, yakni Revi, Intan, Nunik, dan Naili yang tergabung dalam 1 tim PKM-K (Program Kreatifitas Mahasiswa) Unnes. Namun, dalam 1 tim ini hanya Wiranto dan Nunik yang merupakan penduduk asli Kabupaten Pemalang.

Produk ini mereka beri merek dagang  K-TOK (Kamir Toping Karakter). Selain dimanfaatkan sebagai jajanan, kamir yang lebih milenial ini juga dimanfaatkan sebagai kado ulang tahun maupun oleh-oleh. Mereka berharap dengan inovasi ini, tidak hanya memberi keuntungan dalam hal finansial bagi mereka saja. Namun, dengan inovasi ini mereka mampu memperkenalkan produk lokal Pemalang. Serta, supaya mereka dapat membuktikan kepada semua orang bahwa produk lokal juga bisa bersaing di pasar global. Hal ini-pun terbukti dengan banyaknya mahasiswa Unnes yang penasaran dengan produk asli pemalang ini. Bahkan, dalam sehari penjualan (25/05) ditahap awal KTOK dapat terjual 100 pcs kamir sekaligus. Tak hanya mahasiswa, masyarakat sekitar dan dosen-dosenpun ikut membeli produk pemalang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here