Badjoeri V60 Batlle, Pertarungan Para Barista Yang Seru Banget

0

Kabar Pemalang – Halo Shobat Pemalang khususnya buat kalian pecinta kopi. Pada Minggu (28/11/2021) kemarin Badjoeri Coffe dan Pemalang Coffe Event menggelar battle bagi para barista dengan tajuk “Badjoeri Coffe V60 Battle” di Badjoeri Coffe Jalan Pemuda, Mulyoharjo, Pemalang. Acaranya seru banget, Sob. Masing-masing peserta unjuk kebolehan dalam meracik kopi.

Dalam kompetisi ini mempertandingkan teknik V60 yang mana termasuk manual brew karena seluruh proses penyeduhan kopi dilakukan dengan tenaga atau tangan manusia. V60 ini termasuk dalam kategori pour over, yaitu penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada bubuk kopi di atas filter.

Metode seduh kopi ini berpangkal pada tetes demi tetes bubuk kopi yang diseduh perlahan. Untuk itu, V60 membutuhkan kertas penyaring atau filter.

Oleh karena cara membuat kopi V60 mengandalkan seduhan yang perlahan, gunakan ketel leher angsa atau gooseneck kettle agar penuangan air bisa konstan.

Selain para barista dari Pemalang, kompetisi Badjoeri V60 Battle ini juga menarik para barista dari luar daerahseperti  Brebes, Pekalongan, Tegal, Kudus, Yogyakarta, Purbalingga dan Cilacap. Totalnya ada 32 peserta.

Sistem kompetisi menggunakan sistem battle para barista diadu keahlian meracik kopi secara head to head dengan sistem gugur.

Kompetisi yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini berlangsung seru. Para barista sangat antusias dan serius dalam bertanding.

Setelah melalui proses panjang dari sesi ke sesi, keluar sebagai juara Juara 1 atas nama Tommy Pratama dari Purbalingga, Juara 2 atas nama Akhmad Al Qori dari Bumiayu, Juara 3 atas nama Zidan Daraquthni dari  Cilacap, dan Juara Harapan, Ady Bayu dari Kudus.

Sementara itu dewan juri terdiri dari Eriex Y Prast, Sugeng Zaeni, Wahyu Widodo dan Gideon K. Rahardjo.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here