Tata Cara Perpanjangan SIM di Satlantas Pemalang

Tata Cara Perpanjang SIM dan Biayanya

1

Kabar Pemalang – Hai sob, buat kalian yang masa berlaku Surat Izin Mengemudi atau SIMnya mau habis, jangan lupa untuk lakukan perpanjangan yah. Jika terlewat meski hanya satu hari, kalian diwajibkan untuk membuat baru.

Berikut ini adalah urutan tata cara perpanjangan SIM berdasarkan pengalaman kami beberapa waktu lalu. Oh iya, untuk perpanjangan SIM dapat dilakukan di Kantor Satlantas Pemalang Jl. Jend. A. Yani Nomor 20 Pemalang atau dapat dilakukan melalui SIM Keliling. Silahkan lihat jadwalnya di sini:

Jadwal SIM Keliling Pemalang

Langkah pertama adalah menyiapkan :

  • Copy KTP
  • KTP asli
  • SIM asli

Langkah berikutnya lakukan tes Psikologi, lokasinya berada di eks Bioskop Wijaya Pemalang Jalan Kenanga atau depan Hotel Kencana Pemalang

Peta Lokasi Tes Ujian Psikologi

  • Ambil antrian
  • Registrasi dengan biaya Rp 50.000
  • Tes Psikologi, ada 30 pertanyaan yang harus dijawab

Selanjutnya lakukan tes kesehatan, biaya Rp 60.000
Lokasi di depan Kantor Satlantas

Berkas-berkas yang sudah didapat dari tes psikologi dan tes kesehatan dibawa ke Kantor Satlantas

Ambil kartu antrian di loket dekat gerbang, selanjutnya antri di lokasi depan pintu masuk. Setelah dipanggil, masuk ke loket pendaftaran. Di sini kita akan diberi formulir untuk diisi. Isilah data sesuai dengan identitas kalian, sob.

Setelah mengisi formulir, masuk ke loket Bank BRI untuk melakukan pembayaran sebesar Rp 75.000 (SIM C). Biaya perpanjangan disesuaikan dengan jenis SIMnya. Berkas kembali diserahkan ke Loket Pendaftaran.

Selanjutnya kita akan dipanggil ke loket Registrasi SIM. Di sini data kita akan dicek ulang oleh petugas. Jika sudah sesuai, bawa berkas ke ruang foto dan serahkan kepada petugas.

Tunggu sampai kita dipanggil. Setelah mendapat panggilan masuk ke ruang foto dan antri untuk foto dilanjutkan dengan tanda tangan digital, cap jari kanan dan kiri. Silahkan keluar ruangan dan menunggu SIM jadi.

Jika sudah jadi, nama kita akan dipanggil oleh petugas.

Demikian tata cara perpanjangan SIM di wilayah tugas Satlantas Pemalang.

Catatan:

  • Lokasi tes Psikologi tidak terintegerasi dengan Kantor Satlantas dan membutuhkan waktu untuk menuju ke lokasi tersebut. Semoga ke depan dapat ditempatkan di lokasi yang lebih dekat agar warga yang mau perpanjang SIM tidak repot mondar mandir. Terima kasih.
  • Perpanjangan SIM dapat dilakukan di Kantor Satlantas dimanapun selama di Indonesia. Tidak harus di alamat KTP

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here