Tata Cara Cek Fisik Bantu Kendaraan Luar Daerah

0

Kabar Pemalang – Hai sob, jangan lupa untuk senantiasa mengecek kondisi kendaraan kita ketika hendak dipergunakan untuk bepergian yah. Jangan sampai lupa pula untuk senantiasa membayar pajak setiap tahunnya. Terlebih jika usia kendaraan sudah mencapai lima tahun, kalian wajib membayar pajak sekaligus melakukan penggantian plat nomor.

Baca juga :

Bagi yang kendaraannya sedang tidak berada di kota atau daerah asal, jangan khawatir, saat ini sudah mulai banyak kemudahan. Untuk pembayaran pajak kita sudah bisa memanfaatkan layanan online seperti yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan aplikasi SAKPOLE yang bisa diunduh di Playstore.

Oh ya, sebelum lebih jauh kita harus tahu dulu nih bahwa pengelolaan pajak kendaraan dikelola oleh masing-masing provinsi. Pembayaran pajak kendaraan selama masih dalam lingkup satu provinsi misalnya wilayah Jawa Tengah kita dapat melakukan pembayaran pajak di manapun misalnya motor plat Pemalang dapat bayar pajak di Pekalongan, Demak, Pati dan sbg selama masih dalam lingkup satu provinsi.

Oke, sekarang pokok permasalahan. Ambil contoh motor yang Masmin kendarai berplat D (Bandung, Jawa Barat) tentu tidak bisa melakukan pembayaran pajak dan ganti plat di Samsat Pemalang karena berbeda provinsi. Langkah yang bisa Masmin lakukan adalah hanya melakukan CEK FISIK BANTU. Artinya, kendaraan tidak perlu harus di bawa ke Bandung hanya untuk cek fisik melainkan melakukannya di Samsat Pemalang.

Prosedurnya bagaimana?

Persyaratan :

  • Copy BPKB dan asli
  • STNK asli
  1. Masukkan dokumen tersebut dalam map yang nanti diserahkan saat melakukan cek fisik
  2. Antri dengan membawa kendaraan ke lokasi cek fisik
  3. Petugas akan melakukan cek fisik dan memfoto kendaraan beserta Anda.
  4. Setelah selesai, parkirkan kembali kendaraan dan bawa berkas ke ruang pengesahan. Selesai.

Berkas cek fisik tersebut sebagai bahan untuk penggantian plat nomor kendaraan di samsat asal.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here