Ramuan Organik untuk Peningkatan Produktivitas Ternak Unggas

319
0

Kabar Pemalang ­– Jum’at (09/08/2019) telah diadakan kegiatan oleh Tim KKN II Undip 2019 yang merupakan kolaborasi antara anggota tim dari jurusan Biologi dengan Dosen Biologi Universitas diponegoro. Acara diadakan di Balai Desa Jatiroyom dan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Warga yang hadir sebanyak 15 orang yang kebanyakan berasal dari Dusun Jatiroyom dan satu warga yang berasal dari Desa Kwasen.

Pengabdian masyarakat ini berlatar belakang dari belum adanya kemauan warga untuk mengolah limbah organik disekitar atau bahan herbal menjadi ramuan organik ternak dan keterbatasan pengetahuan peternak unggas dalam pembuatan pakan yang berkualitas atau komposisi ransum). Pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan percontohan penyusunan ransum dengan pengayaan ramuan organik ternak dari bahan herbal yang kaya nutrisi dan suplemen.

Acara yang berlangsung diawali dengan sambutan dari Sekretasis Desa, Subroto. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dosen Biologi Universitas Diponegoro Semarang, Dr. Sunarno, S.Si, M.Si. yang menyampaikan mengenai ramuan organik dari bahan herbal yang kaya akan nutisi digunakan atau dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan produktivitas pada ternak unggas di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

Dari adanya pengabdian masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Ramuan Organik dari Bahan Herbal Kaya Nutrisi untuk Peningkatan Produktivitas Ternak Unggas di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalangdiharapkan warga Desa Jatiroyom mampu membuat pakan hasil biokonversi dan menyusun ransum yang tepat (berkualitas), dapat mengembangan teknologi pembuatan ramuan organik ternak unggas (Rotergas), serta warga Desa Jatiroyom mampu menyusun ransum yang diperkaya rotergas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here