Sayangi Diri Dalam Berkendara

233
0

Kabar Pemalang – Tidak jarang kita mendengar pernyataan sepele seperti “ah wong deket kok” atau “wong di desa doang kok” atau pernyataan sepele lainnya yang pada intinya adalah mengabaikan keselematan dalam berkendara. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesematan dalam berkendara masih terbilang rendah. Hal tersebut dapat dengan mudah kita lihat dari keseharian mereka dalam berkendara terutama soal penggunaan helm.

Betul, sering sekali masyarakat menyepelekan salah satu perlengkapaan keamanan ini. Mentang-mentang di desa, mentang-mentang tidak ada polisi, masyarakat tidak mau memakai helm. Helm berfungsi untuk melindungi kepala saat berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya kecelakaan.

Dari kasus helm, meski tidak ada catatan angka resminya, sering terjadi kecelakaan hingga meninggal dunia.

Selain helm, kesadaran masyarakat yang masih rendah mengenai pengetahuan fungsi lampu sein. Tidak jarang pengendara kita dapati salah dalam menggunakan lampu sein. Penggunaan lampu sein yang salah bisa mengakibatkan kecelakaan karena pengendara di belakang akan memprediksi arah yang salah dari lampu sein pengendara di depannya. Lampu sein menyala kanan tapi belok ke kiri dapat mengakibatkan tabrakan dengan pengendara di belakang kita.

Untuk yang lainnya adalah masih minimnya kesadaran terhadap tanda rambu-rambu lalu lintas. Sebagai contoh di Jalan Jenderal Sudirman Pemalang atau pertigaan ke Jalan Kenanga terdapat rambu larangan untuk berputar arah, masih banyak masyarakat yang melanggarnya.

Hal lain yang patut menjadi catatan bagi pengendara yang melintas adalah pertigaan di Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Beji dan arah Desa Kabunan. Banyak pengendara dari Kabunan yang akan masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Di satu sisi tidak adanya lampu lalu lintas sebagai penanda hati-hati bagi pengendara dari arah timur membuat pengendara melaju dengan kencang. Di titik pertemuan ini sering sekali terjadi kecelakaan. Untuk itu, kami himbau bagi para pengendara yang melintas pertigaan ini dari arah manapun agar lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here