Peduli di Masa Pandemi, KKN 053 UMY Bantu Berdayakan UMKM Keripik Khas Pemalang “Ibu Supri”

525
0

Kabar Pemalang – Tim 053 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Keripik Khas Pemalang “Ibu Supri”. Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Kelurahan Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu membangkitkan gairah perekonomian pada sektor UMKM saat pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Pemalang, khususnya di UMKM Keripik Khas Pemalang “Ibu Supri”, jelas Adji Mukti, Ketua tim KKN 053 pada hari Rabu (19/8). Adji Mukti menambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk pengembangan UMKM melalui proses produksi hingga digitalisasi marketing dan pembukuan serta di bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, apalagi di saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Selain itu Tim KKN 053 juga melakukan penyuluhan protokol kesehatan seperti membuat wastafel dan penyuluhan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar agar para karyawan UMKM dan konsumennya senantiasa selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini. Proses KKN ini didampingi oleh Dr. drg. Tita Ratya Utari, Sp. Ort., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ada 7 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN ini yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here