Mahasiswa KKN Tim I Undip Gagas Pengembangan Desa Wisata untuk Desa Ketapang

461
0

Kabar Pemalang – ┬áDesa Ketapang merupakan salah satu desa di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang yang memiliki potensi di bidang perikanan budidaya air tawar dan memiliki potensi di bidang pariwisata yang belum dioptimalkan. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang komprehensif dan disesuaikan dengan kondisi eksisting, serta potensi dan permasalahan yang ada di Desa Ketapang.

Berdasarkan hasil observasi anggota tim I KKN Desa Ketapang, ditemukan beberapa potensi wisata seperti Pantai Ketapang, Anakan Sungai Comal, dan banyak potensi lainnya. Mahasiswa KKN juga mengusulkan gagasan wisata untuk setiap lokasi dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) (09/02/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda-pemuda Desa Ketapang. Selain gagasan wisata, kelebihan dan kekurangan dari setiap potensi wisata yang ada juga dianalisis menggunakan metode analisis SWOT.

Melalui program ini, diharapkan dapat berguna sebagai masukan bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Karena jika suatu kawasan yang berpotensi sebagai lokasi wisata dikelola dengan baik, akan membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi penduduk lokal dan memfasilitasi pemasaran produk lokal yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here