Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Teknologi Pirolisis untuk Pembuatan Pupuk Organik

88
0

Pagergunung (15/8/2019), telah dilaksanakan kegiatan pemanfaatan teknologi pirolisis untuk pembuatan pupuk organik oleh mahasiswa KKN Undip. Sebelum dilakukan kegiatan perkenalan teknologi pirolisis tersebut, mahasiswa KKN Undip sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa seperti Kepala Desa dan jajarannya. Dalam perkenalan tersebut, mahasiswa KKN Undip menjelaskan bagaimana alat tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat pagergunung.

Teknologi Pirolisis adalah proses dimana pembakaran tanpa oksigen. Proses bekerjanya dimulai dari sekam yang dibakar dalam tempat tertutup tanpa oksigen, kemudian mengeluarkan asap, asap tersebut keluar melalui selang kemudian menuju tempat pendinginan. Dari tempat pendinginan, kemudian akan keluar cairan berwarna kuning. Cairan berwarna kuning tersebutlah yang digunakan sebagai pupuk organik.

Tujuan mahasiswa KKN Undip memperkenalkan pemanfaatan teknologi pirolisis ini adalah untuk dapat mengurangi banyaknya sampah yang ada di Desa Pagergunung, karena perlu diketahui bahwa permasalahan sampah di Desa Pagergunung sampai saat ini belum dapat terselesaikan dengan baik.

Ditulis oleh : Felika Andriani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here