Langen Bareng Kali Celo Mejagong

193
0

Kabar Pemalang – Masih dalam momentum peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Desa Mejagong ada sebuah kegiatan yang cukup unik, yaitu “Langen Bersama”.
Langen adalah kegiatan menyusuri aliran air sungai dari hulu ke hilir. Menggunakan media apapun yang dapat mengapung di air.

Melalui Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PPHBN) Desa Mejagong 2019, mengadakan kegiatan “Langen Bareng” pada Kamis (15/8). Selain mendatangkan tim Rafting dari Rainbow Rafting Desa Kecepit, dan gratis Tubing / ban dalem, panitia juga menghimbau para peserta diwajibkan menggunakan media yang dapat mengapung di air, seperti jarigen dsb.

Acara yang dimulai pada pukul 2 sore tersebut dibuka langsung oleh Bapak Kepala Desa Mejagong, H. Darmo terselip pesan dalam sambutannya. Dalam rangka menyambut hari lahirnya banhsa Indonesia marilah kita tanamkan rasa cinta tanah air, cinta lingkungan, menjaga dan merawat. Dengan kita Desa Mejagong dianugerahi potensi sungai yang masih jernih tentunya harus dipertahankan, melihat kedepan sinergi dengan akan dibangunnya tempat wisata di Bendungan Mejagong. Tutur Beliau dalam sambutan pembukaan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Mejagong dan sekitarnya ini juga diisi dengan lomba-lomba, diantaranya lomba “Mowot Berhadiah”. Bermediakan sebuah Bambu yang dilentangkan membelah sungai dengan disertai hadiah di atasnya. Lomba tersebut mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat, terutama ibu-ibu dan anak-anak.

Bapak Abdul Syukur, S.Pd selaku ketua panitia memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-74, yang hampir semuanya mempunyai nilai edukasi yang harus masyarakat ketahui bahwa kemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan mudah. Hampir serupa dengan kegiatan lomba-lomba dimana para pesertanya harus berjuang dan berkorban demi meraih tujuan.

Desa Mejagong, merupakan desa yang terletak di kecamatan Randudongkal. Dengan sumber daya alam yang ada, yakni air sungai yang jernih menjadikan salah satu potensi desa.
Hal tersebut diungkapkan oleh Wildan Salami, menurut Pemuda kelahiran Mejagong tersebut bahwa salah satu desa dari sekian banyak desa yang mendapat keistimewaan dari sumber daya alam ialah desa Mejagong, aliran air yang melintang membelah desa membuat desa ini menjadi lebih indah. Kita sebagai generasi penerus hanya diberi kesempatan untuk menikmati dan juga merawat serta menjaganya.

Juga melihat kedepan potensi sumber daya alam desa Mejagong yang oleh pemerintah desa akan dibangun sebuah taman wisata dengan branding BEGONG alias Bendungan Mejagong.

Penulis
Amelia Nanda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here