Tim KKN Undip Kembangkan Kawasan Curug Bengkawah Bersama Disporapar Jateng

1163
0

Kabar Pemalang – Desa Sikasur yang berada di perbatasan antara Kecamatan Belik dengan Kecamatan Randu Dongkal Kabupaten Pemalang  saat ini keberadaannya mulai diminati dan menjadi salah satu destinasi wisata primadona bagi kawan yang memiliki hobi bermain air salah satunya adalah wahana Rafting Curug Bengkawah. Dengan jamahan kreatifitas dari anggota kelompok sadar wisata (POKDARWIS), dukungan dari Pemerintah Daerah serta promosi paket wisata yang ada, Desa Sikasur akan mampu menjadi salah satu desa wisata unggulan Kecamatan Belik yang bisa menjadi preferensi untuk mendongkrak jumlah pengunjung, namun juga memiliki wahana edukatif untuk para pelajar.

Diperlukan pengelolaan yang optimal, tidak sekadar mengandalkan potensi alamnya saja melainkan juga diperlukan pengembangan kawasan serta sarana pendukungnya. Desa Sikasur mempunyai tiga objek wisata nan Indah seperti Curug Bengkawah, Sungai Tubing dan Telaga Silating yang merupakan sumber mata air dari pegunungan langsung. Dengan berwisata di Desa Sikasur, para pengunjung bisa mendapatkan keindahan wahana air di waduk serta arum jeram, sekaligus dapat membeli produk olahan minuman nanas yakni Merk Vitanas yang layak untuk dicoba.

Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro Periode Januari – Februari Tahun 2020 di Desa Sikasur ini bekerja dengan pihak Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah dimana telah melaksanakan program kerja dengan cara menggali potensi wisata dan mengembangkan kawasan wisata Curug Bengkawah dimana program utama dari kegiatan KKN tersebut berkaitan dengan pembuatan video company profile potensi desa di wilayah sekitar Curug Bengkawah dan Telaga Silating.

Kegiatan ini merupakan kerja sama pihak KKN Undip dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Desa Sikasur di masa yang akan datang melalui potensi wisata yang saat ini sedang dikembangkan.

Dengan mengambil tema KKN “Pengembangan Pariwisata serta Pengentasan Kemiskinan” yang digelar oleh mahasiswa peserta KKN dari UNDIP yang terdiri dari mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil , Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Jepang Universitas Diponegoro ini mencoba mengajak peran serta semua pihak yang terdiri dari perangkat desa, serta kelompok sadar desa wisata (POKDARWIS) dari Desa Sikasur dalam mewujudkan desa wisata sehingga dengan peran serta semua pihak tersebut diharapkan mampu menjadikan Kecamatan Belik khususnya di Desa Sikasur sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Pemalang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here