Profil Kelompok Usaha Bersama Tunas Puyuh

755
0

Kabar Pemalang – Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Tunas Puyuh merupakan wadah bagi para peternak puyuh di Dusun Bandelan, Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Kelompok usaha ini berdiri sejak tahun 2010 dengan jumlah burung puyuh 1000 ekor. Pada tahun 2013, KUBe Tunas Puyuh mendapat dana hibah sebesar Rp 20 juta untuk pengembangan usaha dari Dinas Sosial Kabupaten Pemalang.

Saat ini KUBe Tunas Puyuh mengelola peternakan puyuh dengan jumlah kurang lebih 6000 ekor dan tersebar di 6 titik milik masing-masing anggota. Lokasi kandang masih di area yang sama. Adapun produksi telurnya adalah 80% dari jumlah burung puyuh yang diternak atau sekitar 4.800 butir telur per hari. Hasil produksi telur tersebut dipasarkan di area Pemalang dan sekitarnya.

KUBe Tunas Puyuh beranggotakan 10 peternak dan saat ini membina lima peternak baru. Keompok Usaha Bersama Tunas Puyuh ini diketuai oleh Sudarmo.

Ada 3 (tiga) usaha yang dijalankan antara lain penjualan telur, pembuatan kandang dan pengolahan pupuk. Untuk pupuk diolah menjadi pupuk tanaman hias. Jika digunakan untuk pertanian, pupuk dijual dalam kondisi original.

Selain ketiga usaha tersebut disini juga menyediakan layanan pembibitan burung puyuh. Untuk pembibitan diperlukan waktu 0 sampai 21 hari. Usia burung sendiri rata-rata 1 tahun 6 bulan.

Tantangan bagi para peternak burung puyuh adalah kondisi cuaca. Lokasi peternakan Kube Tunas Puyuh sendiri di Desa Taman, berada di Pantai Utara Jawa dengan cuaca yang panas. Untuk itu, perlu disiasati dengan penempatan kandang di dekat pepohonan yang rimbun agar suhu tidak terlalu tinggi. Selain itu, pada saat pancaroba juga berdampak pada daya tahan tubuh burung puyuh. Jika mengalami gangguan kesehatan bisa dilihat dari kotorannya yang encer.

Pada bulan Juli 2019 KUBe Tunas Puyuh berhasil meraih juara dua dalam penilaian Kelompok Usaha Bersama Prestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diikuti oleh 29 perwakilan Kabupaten/Kota. Dengan raihan prestasi tersebut KUBe Tunas Puyuh bersama KUBe Mulyo dari Kabupaten Boyolali diusulkan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Bagi kalian yang ingin memesan telur, pesan kandang, bibit atau ingin belajar cara beternak puyuh bisa hubungi kontak mereka maupun media sosial yang mereka kelola.

Kelompok Usaha Bersama Tunas Puyuh
Dusun Bandelan, Desa Taman, Kec. Taman, Kab. Pemalang 52361
Telp. 087886821195
Twitter: @KubePuyuh
IG : @tunaspuyuh.162
FB : KUBE Tunas Puyuh Taman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here