KKNT di Masa Pandemi: Mahasiswa IPB Blusukkan bersama Ratusan Kerbau

303
0

Kabar Pemalang – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah program rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud konkrit perguruan tinggi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Namun pada tahun 2020 ini, kegiatan KKNT diselenggarakan cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena berada di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan yang dilaksanakan dengan sistem berbeda yakni semi-daring, sedangkan program yang diselenggarakan dengan metode tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker, selalu mencuci tangan, dan membatasi peserta supaya tidak menimbulkan kerumunan.

KKNT IPB Tim Pemalang 01 berlokasi di Desa Peguyangan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Juli sampai 22 Agustus 2020. Tim Pemalang 01 beranggotakan tujuh orang dari departemen yang berbeda antara lain Siti Khoziah (Departemen Agronomi dan Hortikultura), Siti Alpiyah  (Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan), Yulia Eka Nurjanah (Departemen Silvikultur), Ayu Risqiana (Departemen Matematika), Zumrotun Ni’mah (Departemen Metereologi Terapan), Aulia Safira Darmawan (Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat), dan Syukron Muttaqin (Sekolah Bisnis).

Desa Peguyangan memiliki luas 731040 ha, terletak di Kecamatan Bantarbolang terletak di sebelah utara Desa Penggarit, sebelah selatan Kebon Gede, sebelah barat Desa Lenggerong dan sebelah timur Desa Sokawati.  Desa Peguyangan memiliki potensi yang didominasi oleh sektor pertanian dan peternakan, maka tak heran sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani dan peternak. KKNT IPB bermitra dengan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Mahesa Manunggal Jaya yang diresmikan pada tahun 2019 merupakan hasil kerjasama antara kelompok tani ternak Desa Peguyangan, LPPM IPB, serta Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang. Terdapat 10 program kerja KKN yang telah dilaksanakan, dimana 5 diantaranya merupakan program unggulan bersama SPR yakni “Seminar Smart Life Plan Education and Business Branding”, “Pelatihan Pembuatan Nugget Pisang dan Stik Jagung”, “Pencatatan Populasi Kerbau dan Pembuatan Kartu Ternak”, “Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos”, “Penanaman Pakan ternak Indigofera sp.”.

Program yang menurut kami berkesan adalah Pencatatan Populasi Kerbau dan Pembuatan Kartu Ternak yang juga bekerjama oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang dengan sistem meninjau kembali berdasarkan data populasi tahun 2019, dimana program ini dilaksanakan sebanyak 5 periode yakni proses pencatatan dengan berjalan kaki menyusuri kandang-kandang yang berjauhan, melewati sawah, hutan, hingga jembatan kayu yang dilakukan pada Selasa 21 Juli, Rabu 22 Juli, sampai Kamis 23 Juli. Kemudian pada Selasa 28 Juli 2020 Penyerahan Kartu Tanda Pengenal Ternak serta  Jumat 7 Agustus 2020 Distribusi Kartu Ternak ke kedua kelompok ternak. Berdasarkan proses pencatatan didapatkan hasil sebanyak 488 ekor kerbau di Desa Peguyangan. Selain menghasilkan database kerbau 2020, dari hasil pencatatan kami juga membuat kartu ternak dan kartu tanda pengenal untuk ternak. Hal ini menunjukkan potensi kerbau di desa ini sangat besar dan belum punah, “sudah jadi tradisi turun menurun, kita harus melestarikan” tutur Pak Muhroni Ketua Kelompok Ternak Kerbau Kencana yang telah menjadi peternak sejak kecil meneruskan orang tua di Desa Peguyangan. Pak Muhroni adalah salah satu dari banyak peternak disana yang sangat revolusioner. Sungguh beruntung kami mengenal beliau yang banyak memberi pengalaman dan nasihat dari dunia peternakan, beliau memiliki banyak mimpi dan harapan untuk ternak kerbau di Desa Peguyangan. “Pengalaman yang kami dapatkan sangatlah berharga dan menambah wawasan baru mengenai dunia peternakan, apalagi dari tim kami tidak ada satupun mahasiswa jurusan peternakan. Jadi kami merasa tertantang untuk menggeluti bidang peternakan.” tutur Sukron Muttaqin selaku Ketua Tim KKNT IPB Pemalang 01.

Disisi lain, “saya sewaktu kecil umur 6 tahun, mencoba ternak, langsung mendapat 2 kerbau dan berlanjut hingga sekarang” jelas Pak Kobar saat angon kerbau bersama kami. Pak Kobar merupakan salahsatu anggota SPR yang juga tergabung dalam Kelompok Ternak Rimbajaya. Tak hanya sebagai peternak, beliau juga aktif dalam kegiatan sosial masyarakat. Kegiatan angon dimulai dari setelah dhuhur hingga sore menjelang maghrib dengan berkeliling mencari pakan ke hutan dan selesai di sungai untuk memandikan kerbau. “Pengalaman yang berharga banget sih ikut angon untuk pertama kali. Kita bener-bener blusukkan bawa puluhan kerbau, jalan kaki siang bolong menyusuri hutan jati yang bener-bener hutan. Peternak disana ramah dan mau membersamai kita.“ jelas Aulia Safira Darmawan selaku anggota Tim Pemalang 01.

Mungkin bagi sebagian pemuda saat ini, peternakan itu kotor dan lelah dibanding dunia serba digital. Namun ini titipan, warisan yang harus dilestarikan. Semoga peternakan Indonesia semakin maju, serta suatu saat nanti Desa Peguyangan, Kabupaten Pemalang dapat menjadi role model peternakan di Indonesia.

Kegiatan angon bersama peternak
Kegiatan angon bersama peternak

Tentunya suksesnya program KKNT IPB 2020 ini tidak dapat tercapai tanpa antusias peserta, mitra, serta bantuan dan dukungan dari LPPM IPB, Pemerintah Kabupaten Pemalang, BAPPEDA Kabupaten Pemalang, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Perum Perhutani Pemalang, Pemerintah Desa Peguyangan, Sekolah Peternak Rakyat (SPR) Mahesa Manunggal Jaya.

“Pengalaman KKNT yang berbeda dari biasanya, dimana sekarang dilaksanakan saat pandemi COVID-19. Bukanlah hal yang mudah untuk melaksanakan program secara tatap muka, harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Tim KKNT IPB Pemalang 01 ini sangat berkesan dan mendapatkan banyak ilmu secara langsung yang tidak didapat pada saat perkuliahan. Walaupun tim KKNT IPB Pemalang 01 tidak ada mahasiswa dari jurusan peternakan, kita belajar hal baru yang mana sektor peternakan itu didukung oleh dari berbagai sektor lainnya.” tutur Yulia Eka Nurjanah selaku anggota Tim Pemalang 01. Terakhir dari kami segenap Tim Pemalang 01 KKNT IPB 2020 mengucapkan terima kasih atas kontribusi kepada semua pihak yang telah terlibat. Ratusan kerbau, ratusan kenangan, kalau ke Pemalang jangan lupa mampir sebentar yuk ke Desa Peguyangan. (Pemalang, 11 September 2020).

Oleh : Tim Pemalang 01 KKNT IPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here