TMMD Tahap II Bangun Akses Jalan Desa Gapura ke Desa Bodas

214
0

Kabar Pemalang – Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid 19, maka pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2020 di Desa Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang dilaksanakan di Aula Makodim pada Selasa (30/6/2020).

Penyerahan pekerjaan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2020 dilakukan secara simbolis tentang penyerahan berita acara dari Bupati Pemalang H. Junaedi yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Pemalang H. Martono kepada Kasdim Mayor Kav Hariyono mewakili Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Infanteri Irvan Christian Tarigan, S.I.P., selaku Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2020.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Pemalang H. Martono, Kasdim 0711 Pemalang Mayor Kav Hariyono, Wakapolres Pemalang Kompol Arie Iman Prasetya, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Pemalang Haris Fadilah Harahap, Kabid Pembangunan Informasi Desa dan PKP Dinpermasdes Kabupaten Pemalang, Sri Agustiningsih, Forkopimcam Watukumpul, Para Danramil dan Pa Staf jajaran Kodim 0711 Pemalang serta Kades Gapura, Caris.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Infanteri Irvan Christian Tarigan, selaku Dansatgas TMMD yang dibacakan Kasdim Mayor Kav Hariyono menyampaikan acara penandatanganan dan penyerahan program TMMD Sengkuyung Tahap ll TA. 2020 di wilayah Kabupaten Pemalang yaitu di Desa Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.

Lebih lanjut menurut Dandim Inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD.

“Seperti inilah menjadi suatu kekuatan yang luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat. TMMD Sengkuyung Tahap ll TA. 2020 kali ini mengangkat tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini tema tersebut sangatlah tepat, mari kita gelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa yang ada. Mari kita bangun sarana dan prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa,” Tuturnya.

Program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme dan terorisme. TMMD kali ini bisa disisipkan program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme, mengingat maraknya hoax, bully dan ujaran kebencian yang muncul ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Kita ingin desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya. Desa dengan fasilitas pelayanan masyarakat yang komplit, SDMnya unggul, mandiri dan punya spiritual yang tinggi.

Diakhir sambutannya orang nomor satu di Kodim Pemalang ini mengucapkan selamat membangun dan melanjutkan karya bakti untuk Negeri melalui TMMD Sengkuyung tahap ll TA. 2020 untuk Pemalang agar semakin maju dan sejahtera. Dan yang tidak kalah pentingnya di tengah masa pandemi Covid-19 ini tetap dengan protokol kesehatan

Pada kesempatan yang sama Bupati Pemalang H. Junaedi, dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati H. Martono mengatakan TNI Manunggal Membangun ‘Desa (TMMD) adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat.

Selanjutnya, sasaran pokok yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kémanunggalan TNl-Rakyat. TMMD Sengkuyung Tahap ll Tahun 2020 di Kabupaten Pemalang dilaksanakan selama 30 hari, dari tanggal 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2020 di Desa Gapura Kecamatan Watukumpul dengan sasaran fisik pembangunan akses jalan Desa Gapura menuju Desa Bodas. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila adanya gotong-royong dan kerja sama yang saling mendukung dari semua elemen masyarakat, dengan pembangunan infrastruktur jalan yang semakin memadai, aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa akan semakin lancar, “Kata Bupati.”

Sekarang kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum juga berakhir dan kita semua telah melakukan berbagai ikhtiar/usaha untuk melawannya sebagaimana yang telah kita lakukan bersama selama Iebih dari 3 bulan ini. Kita harus tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. Namun, jangan lupa untuk beradaptasi dengan tatanan hidup yang baru (new normal) di lingkungan yang masih berpotensi terhadap penularan Covid-19, Melalui TMMD ini mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral untuk Pemalang yang Semakin baik dan sejahtera, Pungkas Bupati Pemalang.

Usai acara tersebut dilanjutkan paparan Danramil 12/Watukumpul Kapten Cpm Suwaryo tentang pelaksanaan program TMMD Sengkuyung tahap II TA 2020 di desa Gapura Kec. Watukumpul.

TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2020 di di desa Gapura Kec. Watukumpul Kab. Pemalang meliputi sasaran fisik dan nonfisik. Untuk sasaran fisik diantaranya Pembangunan makadam jalan(Telford) panjang 985 meter dan lebar 3 meter, Bronjong Kawat panjang 5 meter lebar 1 meter dan tinggi 0,7 meter, Plat Deker 4 buah dengan panjang 4 meter, lebar 1 meter dan tinggi 0,7 meter dan pembangunan Talud panjang 50 meter, lebar 0,3 meter dan tinggi 1,5 – 2 meter. Sedangkan untuk kegiatan non fisik, antara lain penyuluhan kesehatan pencegahan virus corona, pencegahan radikalisme, terorisme dan wawasan kebangsaan. (TRIS)

Sunber (Pendim0711/Pemalang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here