Keseruan Wisata Petik Buah di Kebun JT Farm

470
0

Kabar Pemalang – Buat kalian yang ingin suasana berbeda, bisa coba nih mampir ke Wisata Petik Buah JT Farm. Lokasi tempat wisata yang menyuguhkan aneka tanaman buah ini berada di Dusun Karangsuci Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Lebih lengkapnya sih cek maps yah.

Apa saja yang ditawarkan di tempat wisata tersebut? Pertama adalah suasana. Kita bisa menikmati suasana pedesaan yang masih rindang dengan banyak pepohonan. Area wisata petik buah ini di sebelah hutan jati Perhutani, jadi kita akan melewati jalan dimana kanan dan kirinya adalah pohon jati.

Kedua adalah petik buah dan makan sepuasnya. Setelah masuk ke area wisata petik buah JT Farm, kita diberi kebebasan memetik dan memakan buah sepuasnya dengan catatan, petik yang memang sudah tua dan matang yah gaes. Ketiga, kita dapat mempelajari tanaman dan perawatannya langsung dengan pemilik kebun. Selain itu, di titik-titik tertentu ada identitas tanaman yang disertai dengan barcode yang terhubung dengan website.

Tempat wisata petik buah JT Farm ini dikelola oleh Nur Ali yang biasa dikenal via media sosial dengan sebutan Juragan Flora. Ia mulanya adalah petani sayuran. Seiring berjalannya waktu beralih ke tanaman buah. Wisata petik buah sendiri ia buat karena terinsipirasi dari teman-temannya yang sering ikut main ke kebun.

Buah yang bisa kita jumpati di kebun JT Farm antara lain mangga, pepaya, jambu kristal, jambu madu deli, jambu air, kelengkeng, srikaya, durian (proses perbesaran). Rencanya akan ada juga buah apel India.

sebelum menuju ke kebun, para pengunjung ke Kedai Up To You sebagai check poin sekaligus pendaftaran untuk ke kebun. Selanjutnya pengunjung yang sudah mendaftar akan diantar menggunakan kendaraan pengangkut yang berkapasitas sekitar 6 orang. Perjalanannya sendiri tidak lama, hanya sekitar 8-10 menit dari Kedai Up to You sampai ke kebun. Dalam perjalanan, kita akan menikmati jalan desa yang mulanya halus, bebatuan hingga jalan via hutan jati. Seru banget gaes. Apalagi kalo kita rekues kecepatan maksimal, bisa bikin jantung mau copot, hehe.

Sampai di kebun, kita diberi kebesan untuk memetik buahnya. Di kebun juga ada saung untuk berteduh jika kita lelah. Oh iya, buahnya sendiri sebagian adalah buah musiman seperti srikaya, jambu air, mangga dan kelengkeng. Ada juga buah yang tersedia setiap saat seperti pepaya dan jambu kristal. Kita bisa makan sepuasnya di lokasi. Nah, untuk buah yang kita petik dan dibawa kembali ke Kedai Up to You, maka akan dikenakan biaya sesuai berat dan harga buahnya.

Habis dari kebun, di Kedai Up to You kita bisa memesan beberapa makanan seperti tongseng entok atau pecak terong. Khusus pecak terong, makanan ini tidak semua tempat makan menyediakannya. pecak terong termasuk makanan legendaris dari desa. Terong dan bahan sambelnya dibakar terlebih dahulu. Saat sambel sudah dibuat dan terong dipenyet di wadah cobek, selanjutnya diberi santan. Sebagai pelengkapnya, dalam satu porsi pecak terong dan nasi diberi ikan asin. Nikmat banget gaes makannya.

Selain makan, kita juga bisa belanja buah di situ. Ketersediaan buah di Kedai up To You, juga menyesuaikan musim panen. So, tunggu apa lagi, main aja ke wisata petik buah JT Farm, gaes.

Biar dapat gambaran, lihat saja video youtubenya yah gaes…

Ditulis oleh @massolpanjava

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here