Kesenian Brendung Sarwodadi Tampil Memukau di Semarang

0

Kabar Pemalang – Kelompok kesenian Brendung dari Desa Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang menjadi pengisi kegiatan Semarak Jejaring Kabupaten Kota atau (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023 pada Sabtu (20/5/2021) di Taman Garuda Kota Lama, Semarang.

Acara Jejakk ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menggelar pameran produk UMKM dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah serta pertunjukan seni.

Kelompok kesenian Brendung Sarwodadi sendiri tampil pada pukul 15.00 WIB. Para pengunjung sangat antusias untuk melihat pertunjukan boneka cantik yang terbuat dari batok kelapa dengan rangka dari bambu yang bisa bergoyang-goyang sendiri tersebut. Beberapa pengunjung mencoba memegang Brendung dan mengikuti gerak lenggak lenggok si Brendung yang menjadi pusat perhatian pengunjung pada saat itu. Gerakannya mengikuti lagu yang dimainkan dengan alat musik sederhana seperti gong, kendang, bumbung pring (bambu), buyung, dan penampi. Sesekali bergoyang lembut dan sering juga bergerak-gerak tak beraturan.

Pertunjukan kelompok kesenian Brendung yang bernama Sarwolaras ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pemalang serta Pemerintah Desa Sarwodadi, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here