Dari Limbah Menjadi Rupiah

265
0

Kabar Pemalang – Rabu, 6 November 2019 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi Tahap 2B Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga (ecobrik, komposter, dan sabun minyak jelantah) yang diadakan di Aula Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading pada pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Sosialisasi dan pelatihan yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UNNES diikuti oleh 50 warga yang terdiri dari ibu-ibu PKK desa Ujunggede. Dalam sosialisasi kali ini KKN UNNES yang didampingi oleh 2 anggota Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang memberikan sosialisasi untuk mengolah limbah rumah tangga baik organik maupun anorganik.

Limbah organik dapat diolah menjadi kompos, pada pembuatan kompos kali ini mahasiswa KKN UNNES menciptakan alat komposter yang terbuat dari ember bekas cat dan memanfaatkan sampah yang ada di pasar desa Ujunggede. Selain itu, mahasiswa KKN UNNES juga mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci. Sedangkan untuk limbah anorganik dapat diolah menjadi ecobrik yang nantinyaakan dibuat berbagai produk seperti meja, kursi, ataupun pembuatan taman.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada ibu-ibu PKK Desa Ujunggede pada khususnya tentang cara pemanfaatan limbah rumah tangga yang semakin meresahkan warga. Tidak hanya memberikan sosialisasi cara pemanfaatan limbah, tetapi mahasiswa KKN UNNES juga memberikan pelatihan perakitan ecobrik menjadi kursi dan meja, pembuatan kompos menggunakan komposter, dan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah.

Ditulis oleh Tim KKN Unnes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here