Ajarkan Budaya Cuci Tangan Sejak Dini

292
0

Kabar Pemalang – Budaya cuci tangan yang semestinya sangat penting sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dengan harapan kesehatan masih menjadi sesuatu hal yang pasif dilakukan. Untuk itu, budaya tersebut perlu dibiasakan sejak dini. Rabu, 29 Januari 2020 mahasiswa KKN UPGRIS Desa Botekan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang melaksanakan program kerja di bidang kesehatan dengan cuci tangan bersih di SD Negeri 02 Botekan. Sasaran yang dituju adalah siswa kelas satu dan dua.

Melihat kenyataan bahwa kesadaran akan kebersihan dan kesehatan masih sangat kurang dilingkungan sekitar kita, mahasiswa KKN UPGRIS Desa botekan meresponnya dengan melakukan salah satu hal yang berkaitan dengan kesehatan yaitu cuci tangan. Cuci tangan adalah hal sederhana namun masih sering dilupakan oleh sebagian dari kita. Cuci tangan menjadi sangat penting karena semua kegiatan dilakukan menggunakan tangan, maka tangan menjadi salahsatu yang menyebabkan penyakit.

Kesehatan dan kebersihan harus ditanamkan sejak kecil, maka mahasiwa  KKN UPGRIS Desa Botekan bekerja sama dengan SD Negeri 02 Botekan melakukan program kerja cuci tangan bersih sebagai upaya untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan sejak kecil. Peserta cuci tangan bersih adalah siswa kelas satu dan dua. Sambutan dari siswa yang begitu antusias membuat mahasiwa KKN Desa Botekan juga lebih semangat lagi dalam memberikan materi tentang cuci tangan bersih.

Sebelum melakukan praktik langsung bagaimana cara mencuci tangan yang benar, mahasiwa KKN UPGRIS masuk kedalam kelas untuk memberikan materi dan contoh bagaimana mencuci tangan yang benar sehingga tangan menjadi bersih dan terhindar dari bakteri yang ada.

Harapan nya adalah mencuci tangan menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan peserta siswa sekolah dasar semoga kesadaran untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sudah terbangun sejak kecil karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here