6.000 Ekor Ayam Ternak Milik Warga Hangus Terbakar

3869
0

Kabar Pemalang – Akibat dua kandang ayam ternak miliknya terbakar, H. Wahyono warga Dusun Brobohan RT 01 RW 01 Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang mengalami rugi puluhan juta. Kurang lebih 6.000 ekor ayam yang ada dalam kandang ikut ludes terbakar pada Sabtu (22/2/2020).

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Diduga kebakaran kandang dipicu oleh percikan api dari pemanas kandang yang menggunakan briket batu bara. Bangunan kandang ayam sendiri terbuat dari bambu dan kayu sehingga bangunan mudah terbakar.

Menurut saksi mata, Tarmo yang tinggal di sebelah kandang ayam bahwa pagi itu benar-benar sangat menegangkan. Seperti biasa menjelang subuh ia bangun tapi kaget melihat banyaknya asap yang masuk dalam rumahnya. Ia pun bergegas melihat ke jendela. Sungguh mengejutkan, api dari kandang ayam yang sebelah rumah sudah membesar dan nyaris merembet ke dapur rumahnya. Spontan Tarmo menuju keluar dan berteriak meminta tolong.

Beruntung, warga sekitar langsung berduyun-duyun datang untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Berkat kesigapan warga, api bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Dalam kebakaran ini kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah karena semua ayam yang berjumlah 6.000 ekor yang ada di dalam kandang juga hangus terbakar.

Atas kejadian tersebut semoga masyarakat untuk lebih berhati-hati lagi dan selalu waspada apalagi peternak ayam yang menggunakan pemanas api manual dan kandang ayam terbuat dari matrial bambu dan kayu yang sangat mudah terbakar. (Tresno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here