46 Tenaga Medis RS Kariadi Semarang Positif Corona

534
0

Kabar Pemalang – Sebanyak 46 tenaga medis Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang Positif Corona. Seperti dukutip dari CNBC Indonesia, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, Jumat ((17/4/2020). Tenaga medis tersebut kini melakukan isolasi mandiri di hotel milik Pemerintah Kota Semarang, Hotel Kesambi Hijau.

Mereka yang terpapar antara lain dokter dan perawat. Dari jumlah tersebut, antara lain 6 orang residen internal, 5 orang residen obgyn, 15 orang residen bedah, serta 13 orang residen THT dan lainnya.

Menurut Hakam, tertularnya 46 tenaga medis yang di dalamnya peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan beberapa orang dokter spesialis diduga kuat dari pasian yang tidak jujur menceritakan riwayat perjalanannya.

Di sisi lain, Rumah Sakit Kariadi Semarang menjadi salah satu tempat rujukan perawatan dan isolasi pasien penderita Covid-19.

“Kalau dokter bisa jadi [tertular] dari pasien yang tidak jujur. Dia sakit setelah pergi dari sejumlah tempat tapi supaya tidak dicurigai, pasien itu bohong mengatakan tidak bepergian. Kalau Rumah Sakit Kariadi sangat rentan karena jadi rujukan rawat inap dan isolasi pasien Covid,” tambah Hakam.

Baik Pemerintah Kota Semarang maupun Provinsi Jawa Tengah akan mensupport penuh kepada tenaga medis yang sedang menjalani isolasi mandiri tersebut seperti yang diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Kamis (16/4/2020).

“Mereka sudah berjuang luar biasa, dan saat dilakukan tes, mereka dinyatakan positif. Kami akan terus¬†support¬†penuh selama masa isolasi. Sekarang di (Hotel) Kesambi Hijau,” tegas Ganjar Pranowo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here