Musyda IPM Pemalang XVIII : Gerakan Pelajar Keilmuan Berkemajuan

328
0

Pemalang, 10 November 2019 Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pemalang ( PD IPM Kab Pemalang ) menyelenggarakan agenda Musyawarah Daerah ( Musyda ). Muysda merupakan serangkaian kegiatan pelaporan pertanggungjawaban serta pemilihan kepengurusan yang baru pada akhir periode.

Musyawarah Daerah kali ini dilaksanakan pada Jumat (8/11) sampai Ahad (10/11) bertempat di Komplek Perguruan Muhammadiyah Randudongkal dan di ikuti oleh PC/PR IPM Se Kabupaten Pemalang sebanyak 87 Peserta

Musyda IPM Pemalang XVIII bertemakan “Optimalisasi Gerakan Keilmuan Mendorong Karya Nyata Menuju Pelajar Pemalang Berkemajuan.” Dengan Maksud untuk memaksimalkan Gerakan Keilmuan yang sudah ada sehingga menjadi karya nyata dalam rangka mewujudkan pelajar pemalang berkemajuan.

“Dengan tema tersebut kami berharap kepada kader ipm se kabupaten Pemalang bisa memaksimalkan gerakan Keilmuan yang sudah ada (Gerakan Literasi dan Ekologi) sehingga menjadi karya nyata.” Papar Naufal Amin selaku Ketua Umum PD IPM Kabupaten Pemalang.

Pembukaan Musyda dilaksanakan pada Sabtu (9/11) dengan sebelumnya di laksanakan Konferensi Pimpinan Daerah ( KONPIDA ) . Dalam Pembukaan Konpida Ipmawan Diki Arif Hidayatullah menegaskan lagi terkait tema yang diusung Musyda IPM Pemalang XVIII. ” Kita (PD IPM Kab Pemalang) sudah memiliki gerakan keilmuan yaitu gerakan litarasi dan gerakan ekologi. Gerakan Literasi ada karena, guna menyadarkan kita terkait minat baca di indonesia yang masih rendah dan dengan membaca dapat membuka cakrawala dunia.” Papar Diki Arif Hidayatullah.

Pembukaan Musyawarah Daerah turut dihadiri oleh perwakilan PW IPM Jawa Tengah, perwakilan PD IPM Se Karisidenan Pekalongan, PDM Kabupaten Pemalang, serta jajaran ortom tingkat daerah kabupaten Pemalang.

Dalam sambutan PW IPM Jawa Tengah beliau menyampaikan bahwa litarsi keilmuan bukan hanya sekadar membaca, menulis, dan diskusi, tetapi literasi keilmuan erat hubungannya dengan akhlak.

“Literasi Keilmuan IPM mencoba menyambungkan dengan akhlak, sehingga kader ipm (outputnya) bukan hanya memiliki kemampuan dalam literasi, melainkan juga mempunyai akhlakul Karimah.” Papar Sulistyo perwakilan PW IPM Jawa Tengah.

Disela sela sambutan, terdapat penampilan Tari Saman dari GKHW SMK Muhammadiyah 7 Randudongkal, guna memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia kepada Kader IPM se Kab Pemalang

Dalam sambutan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pemalang ( PDM Kab Pemalang ) , Ayahanda Abdul Muin Malilang mengatakan bahwa Kader Muhammadiyah terkhusus Pelajar Muhammadiyah harus mempunyai lima kompetensi dalam hidup yaitu ibadah, aqidah, akhlak, tertib belajar, dan tertib berorganisasi.

“Kader Muhammadiyah terkhusus Pelajar Pemalang harus memiliki 5 kompetensi dalam hidup yaitu ibadah, aqidah, akhlak, tertib belajar, dan tertib berorganisasi. ” Papar Ayahanda Abdul Muin Malilang selaku Ketua Umum PDM Kab Pemalang.

Hasil dari perhelatan acara Musyawarah Daerah XVIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pemalang mencetuskan kepengurusan baru periode 2019 – 2021 dengan Ketua Umum Diki Arif Hidayatullah (Imam Bukhari).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here