Desa Penggarit Gelar Sedekah Bumi, Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi

0

Kabar Pemalang – Minggu (17/10/2021) warga membanjiri komplek wisata Taman Makam Benowo di Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Antrian warga yang hendak ke lokasi wisata tersebut terlihat mulai dari jalur menuju Bendungan Sungapan. Lalulintas tertahan akibat sempitnya jalur tersebut.

Di lokasi wisata Taman Makam Benowo tersebut dilaksanakan salah satu rangkaian Parade Budaya Desa Penggarit berupa Sedekah Bumi. Sedekah Bumi sendiri merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur atas limpahan rezeki berupa segala bentuk hasil bumi.

Hasil bumi berupa padi, buah-buahan, sayuran, umbi – umbian dalam bentuk gunungan serta beberapa makanan tradisional yang diarak dari lapangan desa menuju Taman Makam Benowo selanjutnya dibagikan kepada warga saat ritual sedekah bumi. Pada saat masih dilangsungkan doa bersama warga berebut gunungan.

Dikutip dari Channel Ricko Safera, menurut Kepala Desa, Imam Wibowo kegiatan sedekah bumi sendiri seyogyanya dilaksanakan bulan Muharam atau Suro karena kondisi masih pandemi┬ánamun akhirnya baru dilaksanakan saat ini bertepatan dengan “Muludan“.

“Hasil bumi dari Desa Penggarit diarak dari lapangan penggarit diarak menuju ke area Makam Benowo. Selanjutnya dilaksanakan doa bersama di sana. Harapannya semoga kondisi segera pulih dan masyarakat Desa Penggarit dapat beraktivitas seperti biasa”, terang Imam Wibowo.

Oh iya Sobat Kabar Pemalang, kegiatan sedekah bumi ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian Parade Budaya Desa Penggarit. Kegiatan selanjutnya adalah Serabi Likuran pada tanggal 23 Oktober 2021 dan terakhir kegiatan Boyong Kentong pada tanggal 31 Oktober 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here