Budikdamber, Solusi Kreatif Menjaga Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi

331
0

Kabar Pemalang – Pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 Mahasiswa Universitas PGRI Semarang dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara mandiri di Desa Badak RT 02/RW 04 Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

Mahasiswa KKN yang terdiri dari Muhamad Rifqi Min Indillah dan Muhamad Hanung Isma Sasongko dari Program Studi Manajemen mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember) guna menjaga ketahanan pangan dan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19.

Budikdamber menjadi pilihan terbaik karena metode ini sangat mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan keahlian khusus saat merawatnya.

Dalam pelaksanaannya, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya warga yang hadir pada saat pelatihan.

Mahasiswa KKN juga memberikan bantuan sarana pendukung berupa paket Budikdamber, yang terdiri dari 200 bibit ikan lele, 100 bibit tanaman kangkung dan pakan untuk ikan lele.

Ikan lele dan tanaman kangkung dipilih, karena cenderung cepat besar sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dipanen. Ikan lele hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 – 3 bulan sudah dapat dikonsumsi sedangkan tanaman kangkung bisa dipanen ketika umur 20 hari. Selain itu, ikan lele merupakan ikan yang memiliki karakteristik tahan hidup di dalam air dengan tingkat oksigen yang rendah sedangkan tanaman kangkung tidak membutuhkan banyak perlakuan dalam merawatnya dan mudah tumbuh baik di tanah maupun di air.

Dengan adanya Budikdamber, warga dapat memanfaatkan sayuran dan ikan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, sehingga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga yang besar.

Diharapkan dengan adanya pelatihan dan pendampingan Budikdamber ini, dapat membantu mempertahankan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga di masa pandemi.

@muhamadrifqi
@hanung_sasongko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here